Selasa, 01 Februari 2011

Selamat Datang Tahun Kelinci Emas 2011

Pada hari Kamis, 3 Februari 2011, Tahun kelinci Emas yang penuh keagungan dalam sistem penanggalan China akan berakhir, dan Tahun Kelinci Emas yang ramah akan melompat masuk untuk menggantikannya. Orang-orang China di berbagai belahan dunia, termasuk juga di China sendiri tentunya, akan merayakan pergantian tahun itu dengan meriah.

Kelinci dalam mitologi Cina (Fengshui) adalah lambang umur panjang dan dikatakan sebagai turunan Bulan, maka tidak mengherankan bila orang yang lahir pada tahun Kelinci tergolong paling beruntung di antara kedua belas shio lainnya. Kelinci juga melambangkan keanggunan, sopan-santun, nasihat baik, kebaikan dan kepekaan terhadap segala bentuk keindahan. Perkataannya yang lemah-lembut, dan gerak-geriknya yang luwes tetapi cekatan justru membentuk tipe watak yang diperlukan bagi diplomat yang sukses atau politikus yang piawai.

Kalangan etnik Tionghoa menyambut penuh suka cita kehadiran tahun 2011. Pasalnya, tahun ini merupakan shio kelinci dengan unsur emas yang mempunyai karakter sekaligus keberuntungan sangat bagus karena dewi bulan akan turun di bumi menyebar keberuntungan dan hoki dalam berkarier, termasuk bisnis. Kendati demikian, diimbau untuk berhati-hati dalam berkendara.

Menelisik kebudayaan etnik Tionghoa teramat mengasyikkan. Salah satu hal menarik, adalah soal shio dalam kehidupan masyarakatnya. Shio merupakan zodiak Tionghoa yang menggunakan hewan untuk melambangkan tahun, bulan dan waktu dalam astrologi Tionghoa. Pada dasarnya, hewan-hewan tersebut diambil melambangkan dua belas cabang bumi yang kemudian digabung bersama lima unsur membentuk satu periode 60 tahun. Istilah shio dalam bahasa Indonesia diambil dari lafal dialek Hokkian sheshio (Hanzi: ??, pinyin: shengxiao) yang lazim dituturkan di Indonesia. Keduabelas shio dimaksud, masing-masing, Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, dan Babi.

Sejumlah informasi menyebutkan, seorang individu tidak hanya memiliki satu shio, tetapi tiga zodiak shio, masing-masing shio tahun, shio bulan dan shio waktu. Kombinasi dari lima elemen, 12 shio tahun, 12 shio bulan dan 12 shio waktu menghasilkan 8640 kombinasi. Berdasarkan astrologi Tionghoa, shio bulan menentukan kehidupan asmara seseorang.

Tercatat dalam sejarah, zodiak binatang China dikenalkan kurang lebih pada tahun 2637 SM. Saat itu, Kaisar Cina Huang Ti memulai putaran pertama dari zodiak tersebut pada tahun pemerintahannya yang ke-61. Tidak seperti astrologi barat yang berdasar pada peredaran planet dalam tata surya, astrologi China didasarkan atas kalender bulan yang dimulai pada akhir Januari hingga pertengahan Februari setiap tahun, tergantung pada tanggal jatuhnya bulan baru. 

Atas dasar itu, 2011 diyakini sebagai tahun Kelinci. Sesuai tipikal kelinci, pemilik shio ini relatif rapuh dan membutuhkan dasar kuat untuk berjuang. Tanpa teman atau keluarga yang mendukung, kelinci akan gagal dan kecewa untuk menghadapi setiap konflik. Rasa sedih yang dialami kelinci juga dapat menimbulkan penyakit.

Apalagi, kelinci tidak menyukai argumen dan konflik lain atau mencoba apapun untuk menhindari suatu perkelahian, sehingga pemilik shio ini kerap merasa tersisihkan. Kelinci dapat juga menjadi pesimis dan terlihat tidak berkembang, serta dalam kehidupannya cenderung menyembunyikan kelemahannya. Kelinci cenderung bergerak belajar melalui kehidupan sendiri yang seringkali membuang-buang waktu karena shio ini tidak tertarik menghadapi masalah dan mengatasinya.

Secara umum, semangat akan mendorong keberuntungan. Tapi, tidak bisa tenang tanpa kekhawatiran karena inisiatif subyektif bakal memainkan bagian yang genting dalam keberuntungan. Ada beberapa hambatan di bawah pengaruh bintang kegelapan, meski mampu teratasi pada saat yang kritis. Jaringan sosial banyak memengaruhi karir dan kehidupan, serta harmoni akan mendongkrak hasil. Di sisi karir, tahun ini merupakan musim panen. Kelinci pengusaha akan berada pada situasi beruntung. Ambil saja kesempatan itu untuk mendapat laba lebih dari operasi. Sejumlah masalah yang menghadang bakal bisa terpecahkan melalui ketekunan. Kerja keras dan sikap yang baik akan dihadiahi promosi dalam tingkat dan penghasilan. Selesaikan perdebatan dengan lembut untuk menghindari pertengkaran. Orang muda harus memperluas cakrawala pemikiran, sehingga memiliki masa depan yang lebih cerah.

Dari sisi kekayaan, hampir sama datangnya dengan keberuntungan dalam karier. Hanya saja, keberuntungan dalam hal kekayaan tidak stabil, sehingga mudah terpengaruh oleh banyak hal. Hati-hati untuk menghindarkan kehilangan cepat. Jika mampu menangani kecelakaan dan konflik secara benar, kerugian akan berkurang. Nikmati juga keberuntungan dalam berinvestasi. Satu hal pasti, pemilik shio kelinci merupakan orang yang pendiam, pemalu, retrospektif, dan bertenggang rasa.

1 komentar: